Minggu, Juni 28, 2009

DASAR DASAR ZODIAK

Lambang zodiak adalah lingkaran angkasa dalam langit. Isinya berupa orbit-orbit dari planet-planet. Tak ubahnya seperti sebuah daerah angkasa dalam langit yang sangat luas, di mana planet-planet bergerak di dalamnya termasuk Bumi tempat kita tinggal. Apabila kita dapat terbang tinggi menuju belahan langit Utara, kita dapat melihat sistem solar atau tata surya dengan edaran planet-planet yang mengelilingi Matahari bergerak berlawanan dengan jarum jam ( lihat gambar di bawah)


Dalam astrologi, garis edar tahunan Matahari (Sun) atau ecliptic, dibagi menjadi dua belas bagian yang sama. Setiap lambang zodiak mempunyai pengaruh tertentu dan kualitas yang berbeda-beda. Revolusi dari Bumi mengitari Matahari atau dalam istilah astrologi disebut Sun, selama satu tahun menyebabkan matahari berjalan melalui setiap zodiak selama satu bulan, atau lebih kurang satu derajat per hari. Pengaruh tersebut akan menetapkan karakter manusia yang dilahirkan pada saat itu.

Beraneka planet ikut dalam peredaran melalui zodiak, juga berpengaruh menurut jarak atau sudut yang dibentuk. Dalam hubungan dengan kualitas dari setiap pengaruh yang mereka bentuk, dipadukan dengan sifat alam dari lambang zodiak yang mereka tempati. Luminary (Sun dan Moon) juga digolongkan seperti planet-planet dalam astrologi. Bila membangun sebuah peta bintang atau horoskop, kita gambarkan sebuah lingkaran dan dibagi menjadi dua belas ruang. Ruang itu disebut houses (rumah-rumah) dan diberi angka dari satu sampai dua belas. Rumah Pertama adalah ruangan yang berada tepat di bawah sudut belahan timur dari sebelah kiri peta. Rumah Keduabelas ada tepat di atas sudut belahan timur. Pada Cusp (garis pemisah Rumah-rumah pada peta horoskop) tertulis lambang zodiak bersama angka derajat. Lambang zodiak yang berada pada rumah pertama yaitu garis yang ditandai di ufuk timur disebut Rising Sign (lambang terbit) atau Ascendant.



Bila kita mengamati langit bumi kelihatannya tidak ada pergerakan dan hanya lambang zodiak yang kelihatan berputar mengelilingi bumi dari timur sampai barat yang ditandai oleh Matahari (Sun). Dalam kenyataan sebenarnya itu adalah pergerakan rotasi bumi dari barat ke timur. Ini menyebabkan satu derajat dari lambang zodiak muncul untuk terbit di sebelah ufuk timur setiap empat menit. Setiap dua jam satu tanda lambang zodiak baru muncul. Berarti dua belas lambang zodiak dalam sehari atau dua puluh empat jam. Rumah pertama tetap berada tepat di ruang bawah pada ufuk timur sebelah kiri peta horoskop.

Sebenarnya rotasi bumi pada titik sumbu, membuat satu putaran setiap dua puluh empat jam. Satu derajat lambang zodiak baru muncul di ufuk timur setiap empat menit dan lambang zodiak baru muncul setiap dua jam.

Setiap lambang zodiak ada keagungannya sendiri. Para astrologer menentukan bahwa setiap dari dua belas lambang zodiak memiliki kualitas yang sangat tergantung dari hari dan jam kelahirannya. Banyak cendekiawan di dunia memberi perhatian pada pengaruh dari lambang zodiak. Mereka mengembangkan setiap dari 360 derajat yang terdapat pada lingkaran yang berhubungan dengan zodiak, mempunyai suatu pengaruh spesifik.

Saat kelahiran seseorang dari kedua belas lambang zodiak dan salah satu derajat dari tiga puluh derajat merupakan lambang dasar. Hal itu sangat menentukan personal dan karakteristik dari setiap individu.

Mengikuti perputaran bumi, tampak bahwa selama satu hari terdapat dua belas tipe (lambang) dari karakter, dengan tiga puluh variasi (derajat) dalam setiap tipe lambang zodiak. Dari sini dapat dilihat mengapa manusia-manusia berbeda, meskipun lahir di hari yang sama. Untuk menandai ketidaksamaan ini, astrologi selalu menekankan analisisnya pada hal yang berhubungan dengan waktu, bukan dalam hal tempat. Dia juga mempertimbangkan unsur ras, kasta, dan keturunan.

Secara astrologi, individual ditandai oleh kenyataan posisi zodiak dari Matahari (Sun); personal atau watak ditandai oleh lambang dan derajat yang terbit di ufuk timur pada posisi aksial relatif dari bumi seperti yang ditandai dari ketentuan pada setiap latitude (garis lintang).

Individuality dianggap sebagai kualitas-kualitas yang melekat, kecenderungan, dan tenaga terpendam. Kualitas-kualitas inti yang melalui induvidualnya bermanfaat untuk mengetahui dirinya sendiri.

Personality boleh dianggap seperti corak mode atau ungkapan sifat melalui karakter luar seseorang. Untuk beragam perbedaan yang terujud dalam manusia ini, faktor-faktor astrologis lainnya harus diperhitungkan. Di antara beberapa faktor yang membuat perbedaan besar bisa disebutkan: Sun, baik di atas atau di bawah horison pada saat kelahiran, Moon di atas atau di bawah horison; jarak Moon dari Ascendant, lokasi dan posisi dari planet-planet lain pada lambang zodiak dan rumah, lintang dan bujur dari tempat kelahiran, dsb.


Personality

Setiap empat menit : satu derajat baru bertambah pada ascendant.
Setiap dua jam : sebuah lambang zodiak baru berganti.
Setiap 24 jam : dua belas lambang zodiak dari 360 derajat.
360 variasi per hari (aksial) di kali dengan 365 hari per tahun (orbital) sama dengan 131.400 variasi dari personality tahunan.
Lambang Zodiak Sun: Revolusi Orbital dari Ketentuan Bumi.


Individuality

Setiap hari: kira-kira satu derajat dari Zodiak.
Setiap bulan : satu lambang zodiak baru ditunjukkan Sun.
Satu tahun : dua belas lambang zodiak dari 360 derajat.
360 variasi dari individuality tahunan.

Ditambah variasi yang dihasilkan oleh bumi dalam pergeserannya, kita dapatkan total 131.760 tipe astrologikal. Posisi-posisi houses atau rumah-rumah dari planet–planet pada saat lahirkan dapat membuka rahasia lebih lanjut.


Takdir dan Nasib

Nasib baik atau buruk dan takdir pasti terjadi pada diri kita. Dengan mengetahui pergerakan dan mengerti astrologi, kita dapat mendapatkan informasi tentang hal itu.

Astrologi bukan suatu ajaran, doktrin atau kepercayaan bahwa nasib menguasai segalanya. Astrologi hanya menyediakan sarana untuk memprediksi hal itu. Artinya, melalui astrologi kita dapat mempelajari cara untuk memperbaiki kecakapan kerja dalam roda kehidupan dan secara berkelangsungan memperbaiki (bukan mengubah) nasib dengan cara menurut perhitungan hukum-hukum alam.


Titik Pusat Bumi Astrologi

Sistem astrologi ini merupakan perkembangan dari Sistem Orang Arab. Pengetahuan tua yang telah diubah atau ditinjau kembali dan dibiasakan untuk zaman ini. Berhubungan dengan astronomi, perhitungan astrologi membutuhkan metode geocentric (geo artinya bumi dan centric artinya pusat). Astrologi modern menggunakan sistem geocentric dari sistem heliocentric.

Bumi adalah salah satu planet yang orbitnya terletak antara planet Venus dan Mars. Bumi mempunyai rotasi aksial sepenuhnya dalam 24 jam, menghasilkan fenomena siang dan malam. Rotasi ini dari barat ke timur membuat penampilan Matahari (Sun), Bulan (Moon) dan bintang-bintang terbit di sebelah timur dan terbenam di sebelah barat. Peredaran bumi melalui lambang zodiak--bumi memutar mengeliling Sun dalam kira-kira 365.5 hari--menyebabkan Sun kelihatan bergerak transit melalui lambang zodiak secara berlawanan. Bila Sun berada pada lambang zodiak Aries antara 21 Maret dan 19 April, bumi sebenarnya berada dalam posisi yang berlawanan yaitu Libra. Tapi pengaruh yang berhubungan dengan astrologi ditandai dengan Sun berada dalam lambang zodiak Aries.


Gambaran Peta

Peta yang ada pada Gambar 2 menjelaskan posisi rumah yang selalu digambarkan dalam sebuah horoskop, juga petunjuk lambang zodiak dan planet-planet. Itu adalah sebuah tipe konvensional diagram astrologikal dari langit (zodiak) pada tanggal, waktu dan tempat yang pasti.

Lingkaran paling luar menunjukkan derajat dari lambang, disilangi garis pemisah (cusp) dari rumah-rumah. Rumah-rumah dibagi 12 bagian dan ruang di dalamnya terdapat catatan posisi planet-planet.

Seperti kelahiran antara 23 Agustus dan 22 September, Sun nya ada dalam lambang zodiak Virgo, maka individualnya Sun dalam lambang Virgo.

Pada saat itu orang yang lahir di lambang zodiak Scorpio ada pada Ascendant, terletak 2 derajat terbit atau melintasi cusp dari Rumah Pertama.

Longitude (Garis Bujur) 60 detik (  ) sama dengan 1 menit (  ) 60 menit (  ) sama dengan 1 derajat (  ) 30 derajat (  ) sama dengan 1 lambang 12 lambang ( 360 ) sama dengan lingkaran penuh — Zodiak

Simbol dari Lambang-lambang



Tabel 1. Lambang-lambang


Ruler (Penguasa) Keplanetan

Dalam astrologi ada suatu yang berhubungan dengan getaran, keharmonisan pertukaran tempat seperti planet-planet itu berada, antara beberapa lambang zodiakal dan beberapa planet-planet. Setiap lambang diberikan sebuah planet yang diistilahkan sebagai Penguasa. Venus dan Mercury menguasai dua lambang. Hafalkan tabel berikut ini yang berisi keplanetan dan lambang penguasanya.



Tabel 2. Lambang dan penguasanya


Posisi Badan Manusia yang dikuasai Lambang Zodiak

* Aries menguasai kepala dan muka
* Taurus menguasai leher, kerongkongan dan kedua telinga
* Gemini menguasai tangan, lengan, bahu, tulang leher, paru-paru dan sistem syaraf.
* Cancer menguasai buah dada dan perut.
* Leo menguasai jantung, bagian sisi dan tulang punggung.
* Virgo menguasai isi perut dan jaringan syaraf simpatis yang terletak di belakang lambung dan di depan aorta.
* Libra menguasai ginjal, pinggang, indung telur dan pinggul.
* Scorpio menguasai kandung kemih dan organ sex.
* Sagitarius menguasai hati, pangkal paha dan paha.
* Capricorn menguasai lutut.
* Aquarius menguasai betis dan pergelangan kaki.
* Pisces menguasai tapak kaki.


Triplicity

Lambang-lambang zodiak terbagi atas empat kelompok yang disebut Triplicity, mewakili empat unsur, yaitu api, tanah, udara, dan air. Ini dipercaya karena pada manusia terdapat empat watak yang khusus.


Triplicity Api – Aries, Leo, Sagittarius

Triplicity api diwakili oleh watak berani dan jengkel, menunjukkan sifat yang kasar, pemanas, mudah digairahkan atau menurut kata hati dengan berkobar-kobar dan marah, sakit secara tiba-tiba, pada umumnya akut tapi berjangka pendek.

Lambang-lambang Fiery (unsur api) mewakili semangat hidup, panas tubuh dengan unsur-unsur dari pembakaran, semuanya cenderung pada aktivitas: politikal, militer, dan minat-minat yang spekulatif.


Triplicity Tanah – Taurus, Virgo, Capricorn

Triplicity Tanah diwakili oleh watak yang cemas, lebih terlihat pada Virgo dan Capricorn, menunjukkan tekun, siap-siaga, resah, cemas, menggelisahkan, karakteristik menegangkan syaraf, dengan gangguan pada reumatik dan gangguan kronik. Lambang-lambang tanah mewakili keadaan fisik atau keadaan sementara semua yang menghasilkan kecenderungan artistik, imajinatif, rajin belajar dan organisir.


Triplicity Udara – Gemini, Libra, Aquarius

Triplicity udara diwakili oleh perangai yang riang, menunjukkan sirkulasi yang aktif, tubuh yang montok, corak kulit yang baik, sifat ramah, sabar dan ceria, persahabatan yang baik dan ketangkasan umum. Lambang udara dikatakan mewakili kondisi sanak keluarga atau bersifat penghubung yang baik dengan dan tanpa tubuhnya. Misalnya, Gemini mengatur sistem saraf yang menghubungkan seluruh tubuh dan bahkan tetangga, dengan siapa anda berhubungan. Dalam keluarga udara ini menemukan sanak keluarga lain yang tidak biasanya termasuk dalam kategori ini.

Tiga rangkai ini berekspresi seperti aktif, ilmiah dan rajin. Ia mempunyai kecenderungan terhadap sakit yang ditimbulkan karena terlalu lelah banting tulang atau terlalu peras tenaga.


Triplicity Air – Cancer, Scorpio, Pisces

Triplicity air diwakili oleh temperamen melekat yang terbukti seperti tidak bersemangat, anemik atau kurang darah, pucat, tekanan darah lemah, kurang sel darah merah dalam darah, dan kurang tindakan atau latihan otot. Tiga rangkai air mewakili kondisi-kondisi berpindah dan menyebar. Triplicity ini dikenal sebagai emosional, lentur, dan tafakur.


Quadrature

Lambang-lambang zodiak juga dibagi dalam tiga kelompok yang disebut quadrature, mewakili lambang-lambang cardinal, fixed dan mutable.

Lambang Cardinal atau Movable – Aries, Cancer, Libra, Capricorn

Lambang-lambang cardinal ini bisa dihubungkan dengan titik-titik cardinal dari sebuah kompas; Aries, timur; Libra, barat; Cancer, utara; Capricorn, selatan. Lambang-lambang ini disebut lambang-lambang cardinal karena perubahan dari musim; Aries, semi; Cancer, panas; Libra, gugur; Capricorn, salju. Perubahan-perubahan musim ini karena perubahan Sun yang jelas dari declination atau karena kemiringan Bumi menurut lokasinya dalam orbit.

Orang-orang yang lahir saat lambang-lambang cardinal dikatakan bersifat cakap dalam berbagai hal, bisa beradaptasi dan dengan segera mampu menyesuaikan diri mereka terhadap munculnya kondisi-kondisi perubahan.

Lambang-lambang Fixed – Taurus, Leo, Scorpio, Aquarius

Lambang-lambang fixed bisa dihubungkan dengan pertengahan musim, terdapat tiga lambang pada setiap musim. Jika lambang-lambang cardinal membawa kita ke perubahan musim, maka lambang-lambang fixed tampak dengan tegas di tengah atau timbulnya musim-musim itu.

Orang-orang yang lahir dalam lambang fixed lebih teratur cara mereka dan lebih kaku dalam pandangan mereka daripada orang yang lahir dalam lambang cardinal atau mutable. Mereka cenderung mempunyai lebih menetap dan lebih sulit untuk bergerak, berubah atau pergi. Mereka tidak begitu siap mengubah pikiran mereka; tidak begitu cepat untuk menyesuaikan dan mengadaptasikan diri mereka.

Lambang Mutable, Common atau Flexed – Gemini, Virgo, Sagitarius, Pisces

Lambang-lambang mutable adalah bulan yang ketiga atau terakhir dari empat musim. Melalui bulan-bulan Cardinal, Fixed dan Common kita menyelesaikan tugas-tugas yang umum terhadap musim itu dan mulai mempersiapkan perubahan di perempatan berikutnya.

Orang-orang yang lahir dalam lambang mutable kurang beratraksi dari kedua lambang cardinal dan fixed dan bisa mengadaptasikan diri mereka pada sifat-sifat dari kedua lambang tersebut; konsekuensinya, terhadap orang-orang dari lambang-lambang lain, orang-orang dari lambang mutable kelihatanya tidak stabil.


Klasifikasi

Lambang Fruitful (Subur)– Cancer, Scorpio, Pisces.
Lambang Barren (Tandus) – Aries, Gemini, Leo, Virgo, Sagitarius, Aquarius.
Lambang Semi-Fruitful – Taurus, Libra, Capricorn.
Lambang Maskulin atau Positif – Aries, Gemini, Leo, Libra, Sagitarius, Aquarius.
Lambang Feminim, atau Negatif – Taurus, Cancer, Virgo, Scorpio, Capricorn, Pisces.
Lambang Northern (belahan utara) – Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo; lambang-lambang tersebut menunjukkan matahari mempunyai declination utara dari 21 Maret hingga 23 September.
Lambang Southern (belahan selatan) – Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius, Pisces; lambang-lambang tersebut menunjukkan matahari mempunyai deklinasi selatan dari 24 September hingga 20 Maret.
Lambang Short Ascension – Capricorn, Aquarius, Pisces, Aries, Taurus, Gemini; ini adalah lambang-lambang yang sering ditemukan penghalang dalam horoskop. Bagi tempat-tempat di belahan bumi selatan lambang-lambang panjang dan lambang pendek harus dibalik.
Lambang Long Ascension – Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpio, Sagitarius; mereka sering bertahan lebih lama untuk terbit di horizon daripada yang lainnya dan oleh karena itu menempati dua Cusp dalam sebuah peta, karena Mundane atau keduniaan yang disebabkan zodiak.
Lambang Bi-corporeal (Kebutuhan Badaniah) – Gemini, Pisces dan setengah Sagitarius pertama; tiap lambang digambarkan sebagai dua bagian yang nyata: Gemini, si kembar; Sagittarius, si kuda dan pemanah; Pisces, si dua ikan. Mereka cenderung bersifat dualisme.
Lambang Equinoctial – Aries, Libra. Mereka mulai ada Spring Equinox, 21 Maret , dan Autumn Equinox, 23 September.
Lambang Tropical – Cancer, Capricorn. Puncak di Ecliptic di mana Sun paling cepat dari Ekuator terjadi pada 22 Juni, permulaan Cancer, pada garis balik Cancer, dan pada 22 Desember, permulaan dari Capricorn, pada garis balik Capricorn.
Lambang Human (Manusia) – Gemini, Virgo, Aquarius dan bagian pertama dari Sagitarius.
Lambang Bestial (Binatang) – Aries, Taurus, Leo, Capricorn dan setengah Sagitarius terakhir.
Lambang Voice– Gemini, Virgo, Libra, Sagitarius dan Aquarius.
Lambang Mute – Cancer, Scorpio, Pisces.


Decan

Sebuah Decan atau Decanate terdiri dari sepuluh derajat atau sepertiga dari suatu lambang zodiak. Maka terdapat tiga decan dalam tiap lambang, tiga puluh enam dalam Zodiak, dua divisi lainnya dari sebuah lambang yang tiap-tiap mengekspresikan suatu pengaruh cabang dari sifat dasar dari planet-planet yang mengatur sisa lambang-lambang dari triplisiti yang sama. Sebagai ilustrasinya: dalam kasus Aries, Mars mengatur seluruh lambang dan decan pertama; Sun, karena ia mengatur lambang berikutnya dari triplisiti api, Leo, mengatur decan kedua; dan Jupiter, karena ia mengatur lambang berikutnya dari triplisitas api, Sagitarius, mengatur decan ketiga.

Kegunaan decan dalam Astrologi Natal dapat dipakai secara mendasar terhadap lambang Ascendant. Dengan mencatat decan yang berada pada cusp rumah pertama, kita mengetahui bagian tertentu dari lambang apa yang dialami seseorang. Planet yang mengatur decan ascendant harus diperhatikan sepanjang planet ini yang merupakan pengatur dalam Horoskop.



Planet-planet

Dalam Astrologi, sepuluh dari planet di langit berguna karena ukurannya, jaraknya yang dekat dan pengaruhnya pada bumi, umat manusia, binatang, tumbuhan, dan mineral. Dalam urutan yang tepat dari yang tercepat melintas melalui zodiak adalah: Moon, Mercury, Venus, Sun, Mars, Jupiter, Saturn, Uranus, Neptune, dan Pluto.

Untuk berbagai alasan, lebih meyakinkan jika dikatakan bahwa Sun yang melintasi Zodiak, bukan Bumi. Lebih mudah untuk membayangkan Bumi sebagai pusat observasi dan semua planet berputar mengelilinginya. Dalam Astronomi, Sun adalah pusatnya sedangkan Bumi sebenarnya yang mengitari Sun dalam suatu orbit di antara Venus dan Mars.

Moon adalah sebuah satelit Bumi yang mengitarinya. Menurut pengamatan dari Bumi, Moon mengitari Bumi melintasi dari satu lambang ke lambang lainnya, membuat lintasan kira-kira dalam 28 hari untuk dua belas lambang.


Sifat Planet

Planet-planet yang baik adalah Jupiter dan Venus, Jupiter dikenal sebagai “nasib baik terhebat” dan Venus sebagai “nasib baik yang kedua terhebat.” Pengaruh dari Sun dan Moon diperkirakan juga baik. Mars, Saturnus dan Uranus dikenal sebagai planet jahat. Mercury, Neptunus dan Pluto adalah planet-planet netral – pengaruhnya baik jika beraspek baik dengan planet baik, tapi pengaruhnya buruk jika beraspek buruk.

Jika anda melihat kata-kata seperti “malefic”, “merugikan”, “buruk” dan lain-lain, ingatlah bahwa istilah tersebut hanya digunakan untuk peristilahan yang lebih cocok suatu gambaran getaran planet. Semua lambang zodiak dan planet adalah bersifat baik, tapi reaksi manusianya yang mungkin buruk, tergantung pada tingkat perkembangan atau umur kita. Bila seseorang lebih terdidik secara astrologis, sebuah terminologi (peristilahan) baru dapat dikembangkan dengan lebih tepat mendeskripsikan pengaruh-pengaruh astrologis. Maka dapat ditunjukkan bahwa tidak ada planet yang bersifat jahat, melainkan wujud respon-respon kita yang menilai baik atau buruk sesuatu.


Moon

Moon mengatur rumah tangga dan perhatian keibuan dan melambangkan kepribadian seperti yang ditunjukkan secara fisik. Kepribadian adalah apa yang kita lihat dari seseorang dalam penampilan fisik, kata, tindakan, dan lain-lain, yang membedakan satu orang dengan orang yang lain. Jika Moon bertempat baik dalam horoskop, orang tersebut menunjukkan kepribadian yang menyenangkan; dan kebalikannya jika Moon tidak bertempat baik dalam horoskop. Mengacu pada apa yang dikatakan dalam pelajaran mengenai kepribadian dan lambang terbit (asc) pada saat kelahiran.

Moon bersifat lembab, dingin, elastis, feminim dan subur. Ia menguasai daerah perut dan dada, mengatur cairan dan keperluan umum. Moon mengatur reproduksi, rumah tangga dan naluri keibuan, pertumbuhan alam tumbuh-tumbuhan, dan publisitas.


Mercury

Mercury berhubungan dengan atau mengatur pikiran, pandangan obyektif, persepsi dan ekspresi yang mempunyai pengaruh atas komunikasi, perjalanan, barter, dan perdagangan.

Mercury adalah netral, dapat diubah, dingin dan lembab. Ia menguasai sistem saraf dan persepsi intelektual. Ia mengatur tulisan tangan, studi, kesusasteraan, dan jurnalisme.

Mercury mengatur pandangan, peniruan dan kemampuan untuk belajar dan menyampaikan kepada orang lain tentang apa yang telah dipelajari.


Venus

Venus mengatur kasih sayang (cinta), sentuhan, seni, kesenangan, dandanan, kemewahan.

Venus bersifat feminim, pasif, hangat, lembab, subur dan baik. Ia mengatur kerongkongan dan urat darah halus, cenderung pada sifat-sifat pikiran yang lebih baik seperti yang diekspresikan melalui seni dan keahlian, keanggunan, keindahan, hiasan, hiburan yang beradab, simpati dan keharuan. Ia disebut “keberuntungan terbaik yang kedua”.

Venus mengatur hubungan suami-isteri, cinta, musik, kegenitan, hiburan dan keramah-tamahan.


Sun

Sun mengatur karakter, kepribadian, kekuasaan dan otoritas, “orang nomor satu”.

Sun bersifat panas, kering, maskulin, berkobar-kobar dan menggemparkan. Juga menguasi bagian samping tubuh, punggung dan jantung. Ia menunjukkan pengaruh dan jasa yang tinggi.

Sun mengatur harapan, keberanian, keluhuran budi dan aspirasi. Mewakili kepemimpinan dan penghargaan.


Mars

Mars mengatur energi, kekuatan, tindakan, otot, upaya, inisiatif, pendirian, hasrat, indera perasa, kecelakaan.

Mars bersifat panas, kering, maskulin, berkobar-kobar dan jahat. Ia menguasai kepala, wajah dan sistem otot. Ia menggambarkan kekuatan dan aktivitas.

Mars mengatur kemauan, pekerjaan, penaklukan dan hasrat, baik yang sifatnya konstruksi maupun destruksi.


Jupiter

Jupiter mengatur kebajikan, ekspansi, optimisme dan keyakinan diri dalam arti dan tujuan hidup.

Jupiter bersifat panas, lembab, moderat dan kepala dingin. Ia menguasi darah, hati dan paha. Ia menguasai alasan dan penilaian. Sebagai planet yang menguntungkan, ia cenderung terhadap kekayaan dan keberhasilan dan disebut sebagai “keberuntungan terbaik”.

Jupiter mengatur promosi, perkembangan, kegembiraan, pertimbangan, kalkulasi, filosofi.


Saturnus

Saturnus mengatur pengerasan, diskriminasi, cadangan, penundaan, penderitaan dan indera pendengaran.

Saturnus bersifat dingin, keras, seperti tanah, maskulin dan jahat. Ia menguasai tulang pada umumnya, lutut dan limpa pada khususnya. Ia seram, hati-hati dan mengikat.

Saturnus mengatur bentuk dan organisasi. Ia kontraktif atau kepadatan, kohesif atau bersatu, adhesif atau melekat, mendinginkan dan menopang.


Uranus

Uranus mengatur batin (kewaskitaan), gerak hati, kejutan, petualangan, kecerdikan, keaslian dan penemuan.

Uranus bersifat dingin, kering, tidak nyata, positif, elektro magnetik, gaib, ekstrim, hebat, dan mengendap. Ia menguasai aura dan persepsi gerak hati dan mengatur penemuan, investigasi, pembentukan kembali, revolusi dan pemberontakan.


Neptunus

Neptunus mengatur perasaan tanpa adanya kontak fisik (psikometri), kejiwaan, perbuatan yang tak wajar.

Neptunus bersifat dingin, lembab, netral, dapat diubah, negatif dan menderita gangguan emosi. Ia menguasai persepsi roh dan perantaraan. Ia mengatur sifat rahasia, misterius, masalah yang diragukan dan tidak dikenal, idealisme dan seni estetis.

Neptunus mengatur kemampuan psikis, laut, serum, narkotik, misteri.


Pluto

Pluto mengenai neraka, dunia penjahat, racun, kematian dan hal-hal lain yang kelam. Ia mempunyai persamaan dengan hal yang berhubungan dengan pe-muda-an kembali, regenerasi, transformasi, metamorfosa; dunia roh, materialisasi dan proyeksi yang berhubungan dengan bintang. Ia berhubungan dengan pikiran bawah sadar dan kata hati, metabolisme, pengkimiaan dan asimilasi. Juga kimia, alkimia, proses penyaringan, asap beracun, obat-obatan yang mematikan, alat atau obat melawan penyakit, dan mungkin uap dan minyak yang mudah menguap yang digunakan untuk energi dan tenaga.

Pluto mengatur kata hati, pembisik jiwa yang membantu kita menilai benar dari salah, aktivitas-akivitas bawah sadar, dan penilaian yang keras dan tidak dapat disuap.

Suatu perbedaan harus dibuat antara cara-cara yang berbeda dalam lambang-lambang dan planet-planet yang mengekspresikan energi mereka. Lambang-lambang yang cocok dengan bagian-bagian tubuh dan dengan analogi, bagian-bagian dari jiwa. Kedua belas lambang bersamaan mewakili sejumlah dari fungsi fisik dan psikologis. Ekpresi lambang dapat dikuasai oleh penempatan planet dan kepemimpinan planet atas lambang. Dengan demikian, sebuah planet menyalurkan, mencampuri, memperkuat, mengkomposisi, atau mempengaruhi dengan cara tertentu, sesuai dengan sifat dari planet itu, lambang di mana ia berada dan mengaturnya.


Octaves

Venus dan Neptunus. Venus, pengatur dari lambang Taurus dan Libra, mengerahkan respon dari sifat-sifat yang lebih baik dari seseorang, menonjolkan keindahan, harmoni, kemampuan bersosialisasi, kegembiraan dan musik populer. Ia memberikan apresiasi atau kemampuan untuk seni dan untuk menghasilkan musik yang indah.

Neptunus diistilahkan sebagai octave Venus yang lebih tinggi. Ia memuja keindahan dengan pengaruhnya yang lebih luas, lebih dalam atau universal, yang berbeda atau berlawanan dengan penampilan seseorang. Venus bisa dikatakan mewakili musisi yang terlatih; Neptunus sebagai yang terinspirasi, Venus mengatur sentuhan atau perasaan; Neptunus mengatur kemampuan psikometrik, Venus dan Neptunus adalah komplemen yang natural, Venus dimuliakan dalam lambang Neptunus, Pisces.

Mercury dan Uranus. Mercury adalah pengatur dari lambang-lambang mental, yaitu Gemini dan Virgo, Mercury mengatur proses-proses mental biasa seseorang yang memerlukan pengetahuan melalui observasi, persepsi, membaca, menulis, berbicara, mendengar.

Uranus diistilahkan sebagai octave Mercury yang lebih tinggi. Ia mengatur lambang mental, yaitu Aquarius. Ia menguasai fase pikiran yang tidak tergantung pada proses persepsi biasa. Mercury mewakili pengetahuan yang kita perlukan melalui kondisi-kondisi masa kini; Uranus mewakili kebijaksanaan yang terkumpul yang diraih melalui pengalaman-pengalaman sebelumnya yang berwujud sebagai gerak hati. Mercury adalah pencari ilmu; Uranus adalah yang mengetahui. Mercury mengatur pandangan; Uranus mengatur kewaskitaan.

Mars dan Pluto. Mars, pengatur Aries, berhubungan dengan energi fisik dan seksual. Ia mengatur fisik tubuh, kesehatan dan energi yang diarahkan ke luar.

Pluto adalah octave Mars yang lebih tinggi. Pluto berhubungan dengan energi yang diarahkan ke dalam untuk pertumbuhan spiritual Mars mewakili penghancuran dan kekejaman; Pluto mewakili kelahiran kembali yang diikuti kematian, dan proses transformatif yang menyamai penghancuran yang kejam atas ketuaan, fase-fase kehidupan yang tidak selayaknya.


Planet-planet dan Penempatan

Dunia komersial terbagi dalam sepuluh divisi umum, tiap-tiap diatur oleh sebuah planet dengan susunan sebagai berikut:
Moon : jabatan biasa.
Mercury: sekolah, urusan intelektual dan penerbitan.
Venus: hiburan, seni dan fungsi-fungsi sosial
Sun: kepemimpinan, jabatan struktural
Mars: penghasil, bangunan dan munisi
Jupiter: urusan agama, legal dan finansial.
Saturn: pertambangan, perkebunan dan penyemenan.
Uranus: perusahaan kereta api, penerbangan dan industri elektrik.
Neptunus: industri minyak dan perikanan
Pluto: pendaur-ulang limbah dan pekerjaan penelitian

Tiap divisi adalah subyek dari sepuluh sub-divisi yang pada gilirannya diatur oleh sepuluh planet. Kita ambil industri minyak sebagai contohnya: divisi pertama diatur oleh Neptunus sendiri dan kesan pertamanya adalah bahwa industri ini adalah sebuah susunan yang luas, berbelit-belit, rumit untuk orang-orangnya yang digambarkan oleh setiap planet lain, di bawah skala sering tertipu dan dikuasai oleh kekuatan, untuk melakukan ini harus dapatkan melalui intrik-intrik rahasia, minat-minat mencoba mempengaruhi dengan kecurangan dan metode-metode tidak kelihatan. Ini mewakili pengaruh tidak menguntungkan dari Neptunus; lebih benarnya, penafsiran atau perwujudan bersih dari pengaruhnya.

Divisi kedua dari industri itu di bawah pertimbangan diatur oleh Uranus, penerang (minyak digunakan untuk penerangan dan tenaga) planet ini menguasai fasilitas transportasi yang berhubungan bersamaan dengan industri itu. Divisi berikutnya diatur oleh Saturn dan mewakili penggali sumur minyak, tukang bor, pemberi modal dan kasir. Mars mewakili agen, kontraktor dan departemen konstruksi. Sun menguasai berbagai macam direktur dan pejabat tinggi.

Venus, sebagai octave dari Neptune, dalam kasus ini mengekspresikan beberapa dari kehalusan terakhir dengan memperluas dan memelihara pengaruh dan kemakmuran dari industri tersebut melalui pergaulan sosial pada perjamuan dan fungsi-fungsi seperti yang diberikan untuk maksud mempengaruhi bermacam orang terkemuka dalam kekuasaan untuk meraih tujuan-tujuan yang diinginkan. Venus mengatur unsur-unsur sosial dan hiburan yang berhubungan dengan perusahaan. Mercury mengatur para juru tulis, pengiklanan dan agen-agen pers yang ia pelihara. Moon mengatur pengemudi dan pegawai-pegawai biasa dan juga massa yang membeli dan mengkonsumsi produk. Dan Pluto mewakili penelitian produk-produk baru dan eksplorasi dari kandungan minyak baru.


Di atas sifat Baik dan Jahat

Tidak ada planet-planet jahat. Bentuk keplanetan tertentu menghasilkan perubahan-perubahan dalam unsur pokok tubuh manusia yang berkembang ke dalam kecenderungan yang bisa diklasifikasikan sebagai subnormal atau abnormal yang menjadi gangguan-gangguan spesifik, seperti dalan kasus yang kita sebutkan sebelumnya mengenai perudungan terhadap Saturnus misalnya, tapi mengenai mereka sendiri tidak ada planet yang jahat. Ketika sebuah planet tiba di suatu titik dalam Zodiak di mana membentuk sudut tertentu dengan planet lain memfokuskan pengaruh pada bumi dan orang-orang tertentu yang responsif terhadapnya merasa bahwa itu tidak menyenangkan atau mengganggu, istilahnya biasanya disebut jahat, buruk. Dalam masa saat getaran planet dimengerti dengan lebih baik, maka suatu peristilahan yang lebih benar dan tepat akan berkembang.

Misalkan kasus Saturnus yang telah banyak difitnah, Saturnus sering disebut “jahat”, tapi kenyataannya adalah bahwa getarannya diidentikkan dengan kontraksi atau kepadatan, kohesi atau kepaduan dan stabilitas. Apa yang akan dilakukan industri jika hal-hal tidak disusun atau dikontraksi dengan pantas? Apa yang akan dilakukan ahli kimia jika hal-hal tidak persenyawaan atau pelekatan dengan pantas? Apa yang akan dilakukan oleh dunia bisnis jika tidak ada stabilitas, tidak ada prinsip dasar yang teratur untuk menyempurnakan perdagangan? Ini adalah yang diakibatkan oleh Saturnus.

Pada alasan yang sama, Jupiter bukan baik walaupun pada umumnya diistilahkan menguntungkan. Vibrasinya atau getarannya diidentikkan dengan hal-hal yang menyenangkan dan memuaskan. Vibrasinya mengarahkan operasi pertumbuhan, perluasan, dan peningkatan.

Dalam bidang sensasi fisik, mudah untuk dilihat bagaimana vibrasi Saturn berasosiasi dengan keburukan dunia. Kecenderungan-kecenderungannya yang mendinginkan, mengikat, memperlambat, dan menekan, dan tindakan jaringannya yang menghancurkan atau katabolistik meningkatkan kecemasan, keprihatinan, kekhawatiran atau ketakutan pada sesuatu yang buruk atau kejahatan yang akan datang.

Sedangkan di sisi lain, Jupiter berhubungan dengan sensasi atas keriangan, kesenangan, kemurahan hati, relaksasi, kepuasan atau kesukaan. Tindakan pembangunan jaringan yang anabolistik, mempromosikan sikap aman, nyaman, proteksi dan penuh atau keadaan beruntung.

Seorang ilmuan yang terkemuka pernah mengatakan, “kehidupan adalah suatu penyesuaian internal yang terus-menerus terhadap lingkungan eksternal.” Ini adalah penyataan yang jarang ditemukan, juga begitu dihargai oleh banyak astrolog. “Penyesuaian internal” yang disebutkan sebagian besar dipengaruhi dan diarahkan oleh vibrasi planet, yang pada akhirnya meningkatkan keinginan, kecenderungan, sikap, perasaan dan pemikiran. Kualitas dan intensitas pemikiran menyebabkan tindakan-tindakan kita; tindakan membangun lingkungan. Sebab itu pengaruh-pengaruh planet secara intim berhubungan dengan perasaan, pemikiran dan tindakan kita. Yang begitu realistis adalah ekspresi kita terhadap vibrasi planet sehingga seorang astrolog peneliti ketika mendengarkan kata-kata anda dan mencatat tindakan-tindakan anda bisa memberitahukan tepatnya pengaruh planet mana yang sedang anda ekspresikan pada saat itu, yaitu, baik itu Saturn, Jupiter atau yang lainnya.

Di luar dunia sensasi kita mengambil pandangan yang berbeda atas tindakan dari vibrasi planet. Di sini kita melihat aktivitas dari Jupiter dalam sifat pelindung yang melindungi jemaahnya, si bankir mengawal dana, pedagang menjalankan perdagangan luar negeri, dekan yang mengarah pada perluasan pengetahuan, dokter mengobati orang-orang sakit.

Dalam aktivitas Saturnus kita melihat hutan digundulkan pohon-pohonnya untuk menyediakan kayu, permukaan bumi tergores oleh pertambangan, busuknya sekam setelah panen, badai musim dingin yang memperbaharui dan mengisi kembali zat pokok dari tanah dalam persiapan untuk musim tanam berikutnya.

Jadi kita merasa dalam aktivitas-akivitas dari planet-planet itu hanyalah sifat dalam operasi. “tidak ada yang jahat, cuma pemikiranlah yang membuatnya demikian” – pemikiran, bukan si planet! Tindakan katabolistik dari Saturn dalam menghancurkan sel-sel yang terpakai adalah sangat penting dalam memandang kenyataannya bahwa Jupiter secara terus-menerus dihubungkan dalam tindakan anabolistik dari pembangunan sel. Tanpa Saturn ini alam akan menjadi mengembang dan berlebihan, sedangkan tanpa Jupiter untuk membangun kembali, dan Saturn segera menyebabkan kehancuran. Dalam membuat observasi kita dengan cepat menyadari bahwa planet-planet adalah baik bukan jahat.

Semua planet mengekspresikan sifat; kita secara berkesinambungan memberikan reaksi pada pengaruh-pengaruh mereka dan itu adalah dengan pengetahuan Astrologi kita bisa berbuat baik belajar untuk bereaksi dengan tingkat yang lebih baik dan lebih mulia.


Efek Lunar

Sekarang ada kenyataan ilmiah yang tersempurna bahwa Moon adalah faktor dasar dalam air surut dan arus air pasang, seperti yang diajarkan oleh para astrolog kuno di zaman lalu.

Hubungan dengan ide ini mengenai kepenguasaan lunar atas air, sebuah kata-kata persamaan istilah yang luar biasa bahwa tujuh-per-sepuluh bumi ditutupi oleh air sedangkan tubuh manusia juga tujuh-per-sepuluhnya adalah cairan. Cairan kimiawi dari tubuh adalah jauh lebih baik dengan dikomposisikan dan jauh lebih lemah daripada air asin laut, sebab itu mereka dengan tak terbatas lebih rentan pada pengaruh luar. Vibrasi lunar menyebabkan bumi meluas dan berkontraksi seakan-akan mengambil nafas yang luar biasa perhari, menghasilkan air pasang. Aspek-aspek lunar dengan planet-planet lain menyebabkan perubahan yang tidak kentara muncul dalam tubuh manusia, mempengaruhinya sesuai dengan sifat dan arti dari aspek-aspek itu.


Aturan Keplanetan, Detriment, Exaltation dan Fall

Anda telah belajar bahwa lambang-lambang dan planet-planet tertentu sangat berhubungan sifatnya dan cara pengaruhnya. Karena hubungan harmonis ini, planet-planet tertentu dikatakan mengatur lambang-lambang yangmana mereka mengekspresikan kualitas alami mereka. Misalnya, Venus lebih mampu mengekspresikan karakteristiknya yang sopan, artistik dan yang menimbulkan rasa sayang jika berposisi dalam lambang Libra, Taurus atau Pisces, daripada jika dalam Aries, Scorpio atau Virgo; seperti orang-orang bisa dengan lebih baik mengekspresikan kualitas-kualitas tertinggi dan paling mulia dari sifat dasar mereka dalam lingkungan pemahaman dan cinta daripada dalam lingkungan perselisihan dan percekcokan. Lambang juga dikatakan menjadi “tempat tinggal” atau “rumah” dari planet yang diberikan.

Pada saat planet-planet secara terus menerus transit melalui Zodiak, mereka sering ditemukan dalam lambang-lambang yang tidak mereka kuasai. Dalam beberapa lambang sebuah planet bisa agak kuat sedangkan di lambang lainnya ia akan menjadi lemah atau dilemahkan. Sangat penting untuk memahami Dignity atau martabat dari planet-planet dengan tujuan untuk menentukan kekuatan dari planet-planet yang mengatur dalam sebuah peta. Rumah dari planet yang dikuasai adalah posisi yang paling kuat bagi sebuah planet.

Lambang dari exaltation-nya tidak begitu kuat tenaganya, tapi jika dalam lambang detriment-nya maka ia menjadi lemah dan dalam lambangnya dari fall-nya planet itu paling lemah dan berlokasi di tempat yang paling tidak diinginkan.

Harus dimengerti bahwa planet itu sendiri tidak menjadi kuat atau lemah tapi itu adalah respon-respon kita terhadap pengaruhnya, ada yang lebih kuat atau lebih lemah.


Lambang Rumah dan Detriment

Sebuah planet dikatakan berada dalam detriment-nya ketika berada dalam lambang yang berlawanan terhadap lambang yang ia kuasai. Jadi: Mars menguasai Aries, oleh karena itu Mars berada dalam detriment-nya ketika berada di lambang diseberangnya, yaitu Libra.

Pada saat anda telah mempelajari lambang-lambang mana yang diatur oleh planet-planet, sekarang perlu untuk diingat bahwa detriment mereka berada di lambang-lambang yang berseberangan dengan lambang-lambang yang mereka kuasai.

Mars menguasai Aries dan berada dalam detrimentnya dalam Libra.
Venus menguasai Taurus dan berada dalam detrimentnya dalam Scorpio.
Mercury menguasai Gemini dan berada dalam detrimentnya dalam Sagittarius.
Moon menguasai Cancer dan berada dalam detrimentnya dalam Capricorn.
Sun menguasai Leo dan berada dalam detrimentnya dalam Aquarius.
Mercury menguasai Virgo dan berada dalam detrimentnya dalam Pisces.
Venus menguasai Libra dan berada dalam detrimentnya dalam Aries.
Pluto menguasai Scorpio dan berada dalam detrimentnya dalam Taurus.
Jupiter menguasai Sagittarius dan berada dalam detrimentnya dalam Gemini.
Saturn menguasai Capricorn dan berada dalam detrimentnya dalam Cancer.
Uranus menguasai Aquarius dan berada dalam detrimentnya dalam Leo.
Neptune menguasai Pisces dan berada dalam detrimentnya dalam Virgo.


Node Moon

Node Moon bukan suatu planet tapi titik dalam cakrawala di mana Moon melintasi ecliptic dari lintang utara ke lintang selatan dan sebaliknya. Biasanya dikenal sebagai “Kepala Naga” dan “Ekor Naga”. Node Utara dianggap baik dan Node Selatan dianggap jahat.


Exaltion dari Planet

Sebuah fall planet adalah lawan lambang exaltion-nya. Jadi:

Mars ber-exaltion dengan lambang Capricorn; fall-nya berada dalam lambang berlawanan dengan exaltion.
Sun ber-exaltion dalam Aries dan berada dalam fall-nya dalam Libra.
Moon ber-exaltion dalam Taurus dan berada dalam fall-nya dalam Scorpio.
Node Utara ber-exaltion dalam Gemini dan berada dalam fall-nya dalam Sagittarius.
Jupiter ber-exaltion dalam Cancer dan berada dalam fall-nya dalam Capricorn.
Neptune ber-exaltion dalam Leo dan berada dalam fall-nya dalam Aquarius.
Mercury ber-exaltion dalam Virgo dan berada dalam fall-nya dalam Pisces.
Saturn ber-exaltion dalam Libra dan berada dalam fall-nya dalam Aries.
Uranus ber-exaltion dalam Scorpio dan berada dalam fall-nya dalam Taurus.
Node Selatan ber-exaltion dalam Sagittarius dan berada dalam fall-nya dalam Gemini.
Mars ber-exaltion dalam Capricorn dan berada dalam fall-nya dalam Cancer.
Pluto dan Venus ber-exaltion dalam Pisces dan berada dalam fall-nya dalam Virgo.


Dignity dan Debility

Tabel berikut ini menunjukkan Dignity dan Debility dari planet-planet dalam lambang-lambang zodiak seperti yang dijelaskan di atas. Ia juga menunjukkan derajat exaltion – yaitu derajat-derajat di mana Dignity atau Debitiliy paling kuat.

Catatan. Beberapa astrolog percaya Neptune berexaltion dalam Cancer dan fall-nya dalam Capricorn.



Derajat-derajat kritis

Derajat-derajat sensitif atau kritis ini memberikan pertimbangan penting yang amat besar oleh orang-orang dulu. Suatu kekuatan atau tenaga planet dalam horoskop diyakini dapat meningkat jika dalam salah satu dari derajat-derajat ini atau dalam orb 3° daripada derajat kritis.

Sebuah planet diperkuat sifatnya oleh lambang atau rumah atau dengan kuat dipengaruhi aspek menerima kekuatan yang lebih kuat, dan planet yang tempatnya lemah atau beraspek buruk menerima bantuan dari lokasi seperti itu. Pelajar bisa berharap mengobservasi pengaruh-pengaruh derajat kritis ini dalam horoskop, dan juga dalam peta-peta horary dan planet-planet oleh transit diatasnya.


Derajat-derajat Hylegikal

Sun atau Moon adalah ”hyleg” atau “si pemberi kehidupan” jika berposisi di antara 5° ke atas hingga 25° di bawah Ascendant; 5° ke bawah hingga 25° di atas cusp rumah ketujuh; atau antara 5° di bawah cusp rumah kesembilan hingga 25° di bawah cusp rumah kesebelas. Jika Sun atau Moon salah satunya tidak berada di dalam salah satu tempat-tempat ini maka lambang dan derajat yang terbit atau ascending adalah hyleg. Jika hyleg beraspek buruk karena direction maka terdapat bahaya dalam kehidupan dan kesehatan (lihat Gambar 4 : Derajat Hylegikal).






Planet penguasa

Planet yang mengatur Rising Sign dalam sebuah horoskop pada saat kelahiran disebut Significator, tenaga dan pengaruhnya, menurut lambang zodiak planet itu berlokasi, adalah sangat penting. Kecenderungannya menurut rumah di mana planet itu berposisi, bersama dengan petunjuk seperti yang ditunjukkan oleh aspek-aspek yang dihadapinya bersama planet-planet lain, harus dengan seksama dipertimbangkan, dan juga sifat alamnya yang melekat, yaitu, baik, jahat, positif, netral, dll. (bagaimana untuk menemukan Rising Sign ini dalam horoskop adalah subyek dari pelajaran yang lain.)

Ciri-ciri yang diuraikan dalam paragraf di bawah ini adalah panduan pada penentuan atas kekuatan dari sebuah planet. Dengan ini anda akan menyadari pentingnya mengentahui sifat dasar dari planet-planet dan aturan-aturan mereka dan sifat dasar dari rumah-rumah dari sebuah peta horoskop.

Planet-planet selain Significator yang mempunyai pengaruh menguasi dalam sebuah peta adalah:
1. Segala planet yang berada antara 12° di atas derajat terbit (cusp dari Rumah Pertama) atau dalam 20° di bawah cusp pertama.
2. Planet yang menguatur lambang dimana Sun berada pada kelahiran. Ini disebut Planet Penguasa.
3. Planet dengan angka derajat aspeknya yang paling dekat terhadap Sun. Ini tidak harus selalu planet yang paling dekat dengan Sun.
4. Planet yang paling terangkat (paling dekat dengan Midheaven) dalam peta.
5. Sun, Moon, Mercury selalu dianggap co-ruler atau sama dengan significator.

Jika membaca horoskop curahkan perhatian pada penguasa-penguasa dan co-ruler-nya; catatlah posisi mereka pada lambang zodiak dan rumah dan aspek-aspek mereka.

Di samping Significator, Planet Ruling (planet penguasa) dan co-ruler (wakil planet penguasa), kekuatan dari sebuah planet bisa ditentukan sebagai berikut:

Sebuah planet paling baiknya berada dalam lambang rumahnya sendiri, seperti Saturn dalam Capricorn, atau Mercury dalam Gemini ataru Virgo. Paling baik yang kedua ketika berada dalam lambang exaltion-nya, seperti Sun dalam Aries, atau Moon dalam Taurus. Ia tidak begitu kuat ketika dalam lambang dari detriment-nya, seperti Venus dalam Scorpio atau Aries. Paling lemah jika berlokasi dalam lambang Fall-nya, seperi Mars dalam Cancer, atau Jupiter dalam Capricorn.

Jika sebuah planet tidak berada dalam lambang rumahnya, exaltion, detriment atau fall-nya, kekuatannya dinilai berdasarkan posisinya pada rumah dalam horoskop, seperti angular, succedent atau cadent. Jika angular, kekuatannya serupa seperti dalam lambang rumah atau exaltion sign; jika dalam rumah succedent sama seperti dalam lambang detrimentnya; jika dalam rumah cadent ini sama seperti dalam lambang fall-nya.

Kualitas baik atau buruk dari sebuah planet ditonjolkan oleh aspek-aspek yang diterimanya dari planet-planet lain.

Jupiter, misalnya, dalam lambangnya sendiri, angular dan beraspek baik, bisa membawakan pemiliknya nasib baik yang luar biasa, pada saat beraspek baik oleh direction atau transit yang menguntungkan. Tapi jika dalam fall-nya, cadent atau beraspek buruk, ia mempunyai sedikit atau tidak ada kekuatan untuk hal yang baik dan pemiliknya bisa menderita karena kurangnya kesempatan yang diharapkan pada saat diperlukan, juga tercemar dan rugi.


Aspek-aspek

Adanya sebuah sudut antara setiap dua planet dalam horoskop yang diukur dalam derajat. Jika sudut itu menghasilkan interaksi yang signifikan antara dua planet atau lebih maka planet-planet itu dikatakan “dalam aspek”.

Sudut-sudut yang menerbitkan “aspek-aspek mayor” dihasilkan dengan membagi sebuah lingkaran dengan 2 dan 3 bagian. Aspek-aspek ini adalah conjunction (0°), semisextile (60°), square (90°), trine (120°) dan opposition (180°). Agar dua planet berada dalam aspek satu sama lain mereka harus berada dalam jarak tertentu dari pembagian sudut yang tepat.

Ini disebut “orb” dari aspek itu dan secara umum planet-planet itu harus berada dalam 5 atau 12 derajat dari sebuah aspek yang sempurna agar efeknya kelihatan. Misalnya, jika Mars berada pada 19° Aquarius, dan Mercury berada 21° Taurus, maka aspeknya adalah sebuah square dan perbedaan dari 2° dari sudut yang sempurna adalah baik dalam orb yang diperkenankan. Orb yang lebih besar disediakan untuk Sun dan Moon atau conjunction dan opposition. Orb-orb terkecil diperkenankan untuk “planet-planet dalam”, Mercury, Venus dan Mars, dan aspek-aspek yang lemah.

Disamping aspek-aspek yang disebutkan di atas, ada semi-sextile (30°), semi-square (45°), sesqui-squadrate (135°), dan quincunx (150°). Semua ini dulunya telah dianggap sebagai “aspek-aspek minor”, tapi di masa sekarang quincunx telah meraih ketenaran dan telah menunjukkan dirinya sebanding denga “aspek-aspek mayor” jika aspek ini dipahami dengan pantas. Dua aspek lain yang penting tidak berdasar pada jarak sudut antara dua planet, tapi berdasarkan nilai derajat diatas atau di bawah ecliptic, atau deklinasi. Jika dua planet berjarak sama di atas ecliptic maka mereka dikatakan “parallel”. Jika mereka berjarak sama dan masing-masing letaknya berlawanan dari ecliptic maka mereka disebut “contraparallel.” Parallel efeknya dianggap seperti conjunction, contraparallel seperti opposition.

Aspek-aspek baik dianggap “menguntungkan” atau “tidak menguntungkan” tergantung pada seberapa harmonisnya kedua planet dalam fungsi aspek bersama-sama. Aspek-aspek “menguntungkan” adalah hubungan-hubungan sudut yang berdasarkan pada pembagian dari sebuah lingkaran dengan tiga bagian. Aspek-aspek “tidak menguntungkan” berdasarkan pada pembagian dengan dua.

Tentu saja, dari perspektif yang lebih tinggi, tidak seseorangpun bisa mengatakan bahwa aspek-aspek tertentu lebih baik atau lebih buruk. Itu semata-mata sebuah pertanyaan mengenai bagaimana aspek-aspek ini dirasakan oleh rata-rata orang. Dikatakan bahwa jika bukan untuk aspek-aspek “tidak menguntungkan”, umat manusia tidak akan perlu memperbaiki dirinya dengan begitu kuatnya.

Beberapa astrolog mengganggap aspek-aspek “tidak menguntungkan” sebagai aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam sebuah peta.

Conjunction terjadi jika planet-planet saling mendekat. Ini menghasilkan suatu campuran energi-energi planet yang tidak dalam dirinya, “tidak menguntungkan”. Hanya jika satu dari planet “luar”, Uranus, Neptune dan Pluto, dengan rapat meng-conjunction salah satu dari planet “personal”, Mercury, Venus atau Mars, atau Moon, maka kita memperoleh energi yang menyulitkan. Ini karena beberapa aspek personal lain dari hidup bergabung dengan energi yang sangat tidak personal dan luar biasa. Misalnya, jika Mercury dengan rapat mengaspek Neptune, atau Venus dengan Pluto, pola-pola energi yang dihasilkan menahan arus kehidupan sehari-hari.

Square menghasilkan “perkelahian” antara planet-planet, dengan salah satu ingin menguasai atau mengarahkan kelakuan yang lainnya. Selalu ada perasaan bahwa satu yang benar dan yang lainnya salah. Ekspresi dari tiap planet bertentangan dengan ekspresi planet lainnya. Cara untuk menyelesaikan konflik ini adalah dengan menerima tiap kekuatan planet pada daerahnya sendiri sebagai pernyataan yang sah dalam dirinya dan membiarkan konflik itu berlanjut, jika perlu, tanpa memihak.

Opposition menunjukkan suatu “menolak tekanan” di mana tidak mungkin bagi dua planet untuk berfungsi bersamaan. Tidak ada “perkelahian” di sini, tapi suatu ketidak mampuan bagi keduanya untuk berfungsi pada saat yang sama. Jika salah satu planet menjalankan fungsinya, ia menghilangkan kesempatan untuk bekerja dengan energi dari planet yang lain. Misalnya, jika Moon dan Sun dalam opposition, kekuatan sadar dan tidak sadar akan saling bertentangan. Jika salah satu bertindak, yang lain tidak bisa menkontribusikan jasa-jasanya sendiri. Cara untuk menyelesaikan konflik ini bukanlah dengan memihak, biarkan ke dua planet mengekspresikan sifat baiknya sendiri, tapi jangan lupa bahwa kekuatan yang hilang juga senyata seperti dalam bidang tindakannya sendiri. Ini dianggap aspek “tidak menguntungkan”, walaupun ia tidak menghasilkan perselisihan dan ketegangan seperti square atau quincunx.

Trine menselaraskan fungsi dari planet-planet yang berbeda sehingga mereka saling “simpati”. Jika salah satunya diperlukan untuk bekerja, yang lainnya bisa membantunya. Ini khususnya menguntungkan jika sifat dari planet-planet itu tidak antagonistik, tapi kadang-kadang efeknya terlalu lembut untuk bisa diperhatikan dengan sadar. Kita lebih sering menghitung kesengsaraan kita daripada berkah kita.

Sextile adalah berdasar pada pembagian tiga dan dua, dan menunjukkan sebuah rekanan yang simpatik antara planet yang bisa meminta sedikit penyesuaian yang sadar agar bisa berfungsi. Dengan trine, seseorang puas dengan kemenangan yang diperoleh, tapi dengan sextile baik orang itu menggunakan atau tidak memperoleh keuntungan dari kemenangan itu.

Quincunx atau inconjunct sudah lama dianggap sebagai aspek minor tapi di masa sekarang para astrologer telah menganggapnya sangat penting. Walaupun quincunx bisa dianggap “tidak menguntungkan”, ia bekerja dengan cara yang agak berbeda dari square atau opposition. Pengaruhnya lebih halus, tapi sering lebih kuat daripada aspek-aspek lainnya. Jika quincunx muncul antara planet-planet dalam horoskop, si individu akan merasa bahwa fungsi-fungsi dari kedua planet ini seperti dalam opposition, tapi memerlukan perpaduan. Usaha-usaha dari individu untuk menyelaraskan kekuatan-kekuatan ini menghasilkan suatu ketegangan yang sangat nyata. Individu itu secara terus menerus berusaha untuk menyatukan kekuatan-kekuatan ini tapi tidak pernah berhasil – sedemikian menyakitkan badan. Pada orang itu dan orang-orang di dekatnya, efek ini menggagalkan, mengganggu dan kasar, namun tidak terlihat atau tidak ada tanda-tanda, biasanya orang itu tidak sadar bahwa perjuangannya sedang berlangsung. Dia telah membuat satu asumsi, pada tingkat tidak sadar, bahwa tindakan tertentu harus terjadi. Sering terdapat suatu kualitas aspirasional terhadap asumsi ini, ideal atau harapan yang tinggi, tapi adalah sifat dari aspek ini bahwa aspirasi ini selalu berdasar pada suatu asumsi tidak sadar yang sombong. Satu-satunya solusi bagi problem ini adalah tidak mencoba lebih keras untuk menyelesaikannya secara sadar, tapi membiarkannya. Ada suatu hubungan antara quincunx dan Virgo (150° dari Aries) yang mengajari kita bahwa si pemilik harus menundukkan kepalanya untuk melayani kedua planet dalam aspek, dan menyerahkan pada suatu solusi yang sadar terhadap situasi itu. Virgo adalah lambang dari pelayanan, dan suatu pelayan yang baik tidak meminta jawaban dari tuannya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar